Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Obat Kelenjar Tiroid

Obat Herbal Multi khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan non-kronis

Macam-Macam Kelenjar Endokrin dan Fungsinya

Menurut beberapa situs yang kami gali, kelenjar endokrin merupakan kelenjar tanpa saluran atau kelenjar buntu yang berfungsi untuk menghasilkan hormon. Kenapa disebut kelenjar buntu? Karena, hormon yang dihasilkan kelenjar ini langsung disekresikan kedalam darah tanpa melalui duktus atau saluran lainnya.

Kelenjar endokrin memiliki peran penting dalam susunan tubuh, karena sebagian besar berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang dipengaruhi oleh aktivitas hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Jika salah satu saja ada yang tidak berfungsi dengan sempurna, maka perkembangan dan pertumbuhan tubuh akan terganggu. Maka dari itu, mari kita cari tahu mengenai macam-macam kelenjar endokrin dan fungsinya.

Macam-Macam Kelenjar Endokrin dan Fungsinya

macam-macam-kelenjar-endokrin-dan-fungsinya

Berbicara mengenai hormon, apakah kalian sudah tahu apa itu hormon? Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang dibuat oleh tubuh. Mereka menstransfer informasi dari satu set sel yang lain untuk mengkoordinasikan fungsi bagian tubuh yang berbeda. Nah itulah apa yang disebut dengan hormon. Berikut dibawah beberapa macam kelenjar endokrin beserta fungsinya bagi tubuh.

Hipotalamus
Hipotalamus terletak dibawah otak besar atau cerebrum yang berperan dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan manusia. Hipotalamus mengeluarkan releasing hormone yang berfungsi merangsang kelenjar hipofisis menyekresikan hormon tertentu serta inhibiting hormone yang berfungsi menekan atau menghambat kelenjar hipofisis menyekresikan hormon tertentu.

Kelenjar Hipofisis (Pituitari)
Hipofisis atau master of gland berperan untuk menyekresikan hormon yang akan mempengaruhi kerja hormon lain. Kelenjar ini terlejak dibawah hipotalamus dan terdiri atas hipofisis posterior dan hipofisis anterior.

Kelenjar tiroid dan paratiroid
Kelenjar tiroid berbentuk seperti H dan berlokasi dileher diatas trakea serta menghasilkan hormon tiroksin. Masalah kesehatan yang biasa mengganggu kelenjar ini diantaranya yaitu:
Hipertiroid: kelebihan hormon tiroksin, gejalanya berupa detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh meningkat.
Hipotiroid: kekurangan hormon tiroksin. Jika hal ini terjadi sejak masih anak-anak, akan menyebabkan penyakit kekerdilan (kretinisme).
Sedangkan kelenjar paratiroid adalah 4 kelenjar pada bagian belakang kelenjar tiroid dan termasuk kelenjar endokrin terkecil didalam tubuh, kelenjar ini juga menghasilkan parathyroid hormone (PTH).

Kelenjar pankreas
Sel-sel endokrin ini ditemukan pada pulau-pulau Langerhans. Terdapat 2 tipe sel yaitu alpa dan beta yang memproduksi hormon glukagon dan hormon insulin. Pada seseprang yang tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin akan menimbulkan penyakit diabetes melitus yang ditandai dengan kadar glukosa dalam urin tinggi, mudah haus, dan mudah lelah.

Kelenjar Adrenal
Kelenjar adrenal terletak di atas setiap ginjal. Setiap kelenjar tersusun atas dua bagian, yaitu korteks dan medula. Korteks menghasilkan hormon jenis kortikoid, sedangkan medula menghasilkan hormon jenis adrenalin. Ketakutan, marah, sakit, dan dingin dapat merangsang medula untuk menghasilkan adrenalin dalam jumlah banyak. Adrenalin merangsang perubahan glikogen menjadi glukosa sehingga banyak energi yang terbentuk. Respons tubuh terhadap adrenalin membuat seseorang dapat menghadapi bahaya atau meninggalkannya.

Kelenjar kelamin (Gonad)
Kelenjar ini menghasilkan kelenjar hormon kelamin. Pada wanita, gonad terletak pada ovarium, sedangkan pada pria terletak pada testis. Produksi hormon estrogen oleh gonad dipengaruhi oleh follicle stimulating hormone (FSH). Adapun produksi hormon progesteron dipengaruhi oleh luteinizing hormone (LH).

Kelenjar Pineal
Kelenjar pineal terletak di tengah-tengah otak dan menghasilkan melatonin yang berfungsi mengatur ritme biologis, misalnya tidur. Pada saat malam hari, konsentarsi melatonin akan tinggi sehingga membuat seseorang tidur. Sedangkan pada siang hari, konsentrasi melatonin rendah sehingga membuat seseorang terjaga.

Kelenjar timus
Kelenjar yang terletak diatas rongga dada ini menghasilkan hormon timosin yang berfungsi dalam pematangan limfosit T. Limfosit T merupakan jenis sel darah putih yang berperan dalam kekebalan tubuh.

Itulah 8 jenis kelenjar endokrin yang dimiliki tubuh serta fungsinya. Secara umum, kelenjar endokrin juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, seperi:

  • Menghasilkan hormon-hormon yang dibutuhkan oleh jaringan-jaringan dalam tubuh tertentu.
  • Mengontrol dan merangsang aktivitas kelenjar tubuh.
  • Merangsang pertumbuhan jaringan.
  • Mengatur metabolisme, oksidasi, meningkatkan absorpsi glukosa pada usus halus.
  • Mempengaruhi metabolisme lemak, protein, hidrat arang, vitamin, mineral dan air.

Nah, jadi kelenjar endokrin itu memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Semoga info artikel kesehatan ini bermanfaat untuk Anda dan terimakasih.

One thought on “Macam-Macam Kelenjar Endokrin dan Fungsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!