Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Obat Kelenjar Tiroid

Obat Herbal Multi khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan non-kronis

Penyakit Gondok, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Penyakit Gondok merupakan kondisi yang terjadi karena adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang mempunyai peranan cukup penting dalam tubuh manusia, bentuknya seperti kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Fungsi utama kelenjar ini yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid biasanya tidak disadari seperti halnya organ dalam lainnya. Akan tetapi jika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid ini akan membentuk benjolan pada leher. Benjolan tersebut dapat bergerak naik dan turun pada saat Anda menelan. Benjolan pada penyakit gondok ukurannya dapat berbeda-beda pada setiap penderitanya. Pada sebagian besar kasus, penderita biasanya tidak akan mengalami gejala yang lain selain adanya benjolan di leher.

Penyakit Gondok, Gejala, penyebab dan Pengobatannya

Penyakit Gondok, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Ada dua jenis penyakit gondok, diantaranya yaitu gondok difus dan nodul. Perbedaannya terletak pada tekstur benjolannya. Pada gondok difus, benjolan terasa mulus ketika diraba. Sedangkan pada gonduk nodul, benjolan terasa tidak rata dan menggumpal. Kondisi tersebut disebabkan karena terdapat satu atau lebih benjolan yang berukuran kecil atau terdapat cairan dalam benjolan tersebut.

Gejala-Gejala Penyakit Gondok

Gejala utama penyakit gondok yaitu adanya benjolan abnormal atau pembengakakan pada leher. Umumnya penderita tidak merasakan gejala lain selain gejala utama tersebut. Ukuran benjolan dapat berbeda-beda pada setiap penderita. Bonjolan dapat mempengaruhi saat bernapas serta menyebabkan sulit menelan jika ukuran benjolan semakin besar.

Pada beberapa kasus, gejala yang muncul dapat berupa leher terasa tercekik, batuk-batuk, suara serak, tenggorokan terasa membengkak, sulit menelan dan sulit bernapas. Bila mengalami gejala-gejala tersebut teruatama jika benjolan semakin membesar dan mengganggu pernapasan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Penyakit Gondok

Penyebab pembersaran kelenjar tiroid sangat beragam, sehingga sulit untuk ditentukan penyebab utamanya. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit gondok:

  • Hipertiroid dan hipotiroid
    Benjolan abnormal pada kelenjar tiroid dapat terjadi kerana kelenjar tiroid kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) dan juga kekurangan hormon tiroid (hipotiroid).
  • Defisiensi yodium
    Yodium sangat dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Zat ini dapat Anda temukan pada makanan seperti ikan, seafood, susu, dll. kekurangan yodium dapat menyebabkan fungsi kelenjar tiroid menurun dan mengalami pembengkakan.
  • Terdapat nodul dalam kelenjar tiroid
    Umumnya nodul bersifat jinak, tetapi tetap memerlukan pemeriksaan yang menyeluruh untuk menghindari kemungkinan menjadi ganas.
  • Merokok
    Asap rokok mengandung senyawa tiosianat yang bisa mempengaruhi tubuh dalam menyerap yodium.
  • Terjadinya inflamasi atau peradangan pada kelenjar tiroid akibat dari infeksi virus, bakteri atau obat-oabatan tertentu.
  • Perubahan hormon karena pubertas, kehamilan dan menopause.
  • Pengaruh obat litium yang biasanya dipakai untuk mengatasi depresi serat gangguan bipolar
  • Terpapar radiasi, contohnya menjalani radioterapi.
  • Pengaruh kanker tiroid

Baca Juga : Perbedaan Penyakit Hipertiroid dan Hipotiroid

Faktor Risiko Penyakit Gondok

  • Usia, risiko menderita gondok akan meningkat pada usia 40 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin, wanita lebih berisiko tinggi mengalami gangguan tiroid dibandingkan dengan pria.
  • Faktor keturunan, mempunyai anggota keluarga yang mengidap kanker tiroid atau penyakit auto imun dapat meningkatkan risiko mengalami gondok.
  • Kehamilan dan menopause, wanita hamil dan menopause risiko mengalami gangguan tiroid akan meingkat.
  • Obat-obatan seperti amiodarone dan yang mengandung litium.

Pengobatan penyakit Gondok

Penyakit gondok dapat ditangai dengan beberapa cara. Pemilihan cara pengobatannya ditentukan oleh beberapa faktor seperti ukuran benjolan, gejala yang dialami, dan penyebab yang mendasari penyakit bisa terjadi. Pengobatan yang dilakukan dianataranya seperti pemberian obat penurun hormon tiroid, terapi penggantian hormon, terapi yodium radioaktif. Namun jika benjolan sudah mengganggu pernapasan serta kesehatan penderita langkah operasi dapat dilakukan, tetapi dapat menimbulkan efek samping.

Jika Anda khawatir dengan efek samping pengobatannya, sekarang telah hadir obat herbal gondok untuk mengatasi penyakit gondok secara alami. Terbuat dari ekstrak teripang emas dan bahan alami lainnya sehingga tidak menimbulkan efek samping. Sudah teruji dan terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit gondok secara alami. Qnc Jelly Gamat solusinya. informasi lebih lanjut bisa Anda lihat disini.

Baca Juga :Obat Gondok Untuk Anak

| Penyakit Gondok, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!