Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Obat Kelenjar Tiroid

Obat Herbal Multi khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan non-kronis

Perbedaan Kelenjar Tiroid dengan Kelenjar Paratiroid

Kelenjar tiroid dan kelenjar paratiroid merupakan komponen penting dari sistem endokrin seluruh tubuh manusia. Kontrol pusat dari sistem endokrin adalah melalui saraf, hormonal dan rangsangan humoral yang bekerja pada hipotalamus yang pada gilirannya mengakibatkan kelenjar pituitari yang mengeluarkan hormon pengontrol yang diperlukan untuk kelenjar endokrin lainnya. Perbedaan dari kelenjar tiroid dan kelenjar paratiroid bisa dilihat dari pengertiannya.

Perbedaan Kelenjar Tiroid dengan Kelenjar Paratiroid

kelenjar tiroid dan paratiroid

Kelenjar Tiroid

Adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Tiroid memiliki 2 hormon penting yaitu Triiodotironin (T3) dan Tiroksin (T4). Kedua hormon tersebut bekerja untuk mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa.

Baca Juga: Obat Tiroid

Apabila kelenjar tiroid mengeluarkan terlalu sedikit Triiodotironin dan tiroksin maka akan terjadi hipotiroid yaitu tubuh akan merasa kedinginan, letih, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya, apabila terlalu banyak hormon T3 dan T4 maka akan terjadi hipertiroid yang menimbulkan tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.

Kelenjar Paratiroid

Merupakan sebuah kelenjar endokrin di leher yang memproduksi paratiroid. Manusia biasanya mempunyai 4 kelenjar paratiroid yang biasanya terdapat di bagian belakang dari pada kelenjar tiroid atau kelenjar yang dekat dengan kelenjar tiroid sehingga disebut dengan paratiroid atau di kasus yang langka, didalam kelenjar tiroid itu sendiri atau di dada. Hormon paratiroid mengontrol jumlah kalsium di darah dan di dalam tulang. Hormon paratiroid bisa menurun sangat rendah pada pasien post operasi pengangkatan kelenjar tiroid karena ikut terangkatnya kelenjar paratiroid yang akibatnya adalah penurunan kadar kalsium dalam darah hipokalsemia. Hormon paratiroid mengakibatkan: peningkatan resorpsi kalsium dari tulang, peningkatan reabsorbsi kalsium di ginjal, peningkatan absorbsi kalsium di saluran cerna oleh vitamin D. Namun, peningkatan kadar hormon paratiroid juga mengakibatkan penurunan kadar fosfat dalam darah karena hormon ini meningkatkan sekresi fosfat dalam darah.

Baca Juga: Penyebab Umum Mudah Lupa Ingatan

Itulah perbedaan antara kelenjar tiroid dengan paratiroid dilihat dari pengertiannya. Dengan demikian, kita tahu apa saja yang menjadi fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar paratiroid. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

| Perbedaan Kelenjar Tiroid dengan Kelenjar Paratiroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!